Geplak

Posted by central-info Thursday, April 15, 2010


Geplak, tak pelak lagi merupakan salah satu makanan khas Jogja. Mulanya dikenal sebagai jajanan khas Bantul, geplak kini juga menjadi salah satu trade mark Jogja.

Bahan utama geplak adalah kelapa. Kelapa ini diparut lalu dicampur dengan gula. Gula yang dipakai bisa gula kelapa, bisa gula tebu. Campuran ini lalu dibentuk menjadi bola-bola yang kemudian disangrai. Hanya begitu prosesnya. Sederhana sekali.

Seiring dengan permintaan konsumen, geplak kini dibuat dengan berbagai variasi rasa. Awalnya, hanya tersedia geplak gula kelapa dan geplak gula putih tanpa tambahan rasa. Kini tersedia juga geplak rasa vanili, cokelat, stroberi, dan durian.

Gula yang dipakai pun bukan lagi gula lokal Madukismo, satu-satunya pabrik gula yang masih tersisa di Bantul. Yang dipakai hanya gula tebu yang warnanya putih bersih. Pasalnya, kalau gula tebunya berwarna kelabu, warna geplaknya pun ikut menjadi kelabu. Tidak menarik.

Aneka pilihan rasa geplak itu dijual kiloan. Harganya Rp 16.000,- per kilo. Setelah ditimbang, geplak ini dimasukkan ke dalam besek (anyaman bambu). Dari sekian banyak varian, geplak rasa durian paling favorit di kalangan pembeli. Makanan ini tergolong awet. Sampai satu bulan pun geplak tetap tidak tengik.

2 Responses to Geplak

  1. muhammad Says:
  2. kapan nih bisa icip2 geplak

     
  3. central-info Says:
  4. silahkan anda menghubungi customer kami..

     

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails